Simulasi Rangkaian Elektronika Dengan Proteus


Software Proteus merupakan software yang sangat luar biasa, Proteus bisa digunakan untuk mendesain rangkaian elektronika, membuat layout PCB dan yang sangat istimewa dari software ini ialah dapat mensimulasikan rangkaian yang kita buat. Untuk Informasi lengkap mengenai software ini bisa dilihat diwebsite Proteus langsung http://www.labcenter.com .

Berikut ini fitur yang disediakan oleh Software Proteus :

  1. Kemampuan untuk mensimulasikan hasil rancangan baik digital maupun analog maupun gabungan keduanya,Yang mendukung simulasi yang menarik dan simulasi secara grafis,
  2. Suport terhadap simulasi berbagai jenis microcontroller seperti PIC, 8051 series.
  3. Memiliki model-model peripheral yang interactive seperti LED, tampilan LCD, RS232, dan berbagai jenis library lainnya yang tentunya sangat dibutuhkan dalam penyusunan rangkaian,
  4. Support terhadap instrument-instrument virtual seperti voltmeter, ammeter, oscciloscope, logic analyser, dll,
  5. Kemampuannya yang dapat menampilkan berbagi jenis analisis secara grafis seperti transient, frekuensi, noise, distorsi, AC dan DC, dll.
  6. Support terhadap berbagai jenis komponen-komponen analog,
  7. Support terhadap open architecture sehingga kita bisa memasukkan program seperti C++,Asembly , C,Bascom , yang telah terkompaile menjadi Hex untuk keperluan simulasi,
  8. Mendukung pembuatan PCB yang di-update secara langsung dari program ISIS ke program pembuat PCB-ARES.
Pengenalan ISIS
ISIS dipergunakan untuk keperluan pendidikan dan perancangan. Fitur umum yang terdapat dalam program ISIS adalah sebagai berikut :
  1. Dapat dioperasikan pada Windows 98/Me/2k/XP dan Windows terbaru.Untuk Windows 7, Berdasarkan pengalaman saya, Versi Proteus .7.8 yang compatible dengan Windows 7
  2. Routing secara otomatis dan memiliki fasilitas penempatan dan penghapusan dot.
  3. Powerful untuk pemilihan komponen dan pemberian properties-nya.
  4. Support untuk perancangan berbagai jenis bus dan komponen-komponen pin, port modul dan jalur.
  5. Terdapat fasilitas report terhadap kesalahan-kesalahan perancangan dan simulasi elektrik.
  6. Support terhapad fasilitas interkoneksi dengan program pembuat PCB-ARES.
  7. Terdapat fasilitas untuk menambahkan package dari komponen yang belum didukung.
Pengenalan ARES.
ARES (Advanced Routing and Editing Software) digunakan untuk membuat modul layout PCB. Adapun fitur-fitur dari ARES adalah sebagai berikut :
  1. Memiliki database dengan tingkat keakuratan 32-bit dan memberikan resolusi sampai 10 nm, resolusi angular 0,1 derajat dan ukuran maksimim board sampai kurang lebih 10 m. ARES mendukung sampai 16 layer.
  2. Sudah otomatis Terintegrasi dengan program pembuat skematik ISIS, dengan kemampuan untuk menentukan informasi routing pada skematik.
  3. Visualisasi board 3-Dimensi.
  4. Penggambaran 2-Dimensi dengan simbol library.

Berdasarkan Kemampuan dan Kelebihan yang dimiliki oleh Software Proteus ini, Saya rasa software ini wajib terinstal di komputer sobat yang ingin belajar elektronika dan Mikrokontroler .

Buat teman-teman yang lagi belajar mikrokontroler namun terhambat dengan Hardware, atau belum memiliki minimum sistem mikro-nya.. Pastinya software ini bisa dijadikan salah satu solusi dari masalah tersebut.

Oke.. Gak terasa .. Panjang juga nulis ne... Semoga Bermanfaat.. salam Ebsof

Kata Kunci Pencarian Google
  • Software Proteus
  • Simulasi Rangkaian Elektronika Dengan proteus
  • Mudah dan Menyenangkan belajar Elektronika
LihatTutupKomentar