Tepat Memilih Text Editor HTML

Belajar pemrograman HTML, akan lebih mudah jika menggunakan Text editor yang benar, Text editor merupakan software yang digunakan untuk menuliskan code-code/script bahasa pemrograman, baik HTML,PHP,C,C++,C#, dan masih banyak lagi bahasa pemgraman di dunia komputer ini. Tentunya dalam memilih Text editor harus lah sesuai dengan bahasa pemrograman yang akan anda pelajari nanti. Karena ini akan berpengaruh besar terhadap  Kualitas dan perkembangan belajar anda nanti.

Langkah awal dalam mempelajari bahasa pemrograman HTML adalah dengan menginstal Text editor HTML yang tepat  dan mendukung dengan bahasa HTML di komputer anda. Pertanyaan nya sekarang text editor apa yang tepat untuk bahasa HTML..????

Ada baiknya kita mengenal Terlebih dahulu Beberpa Macam Text Editor Yang Digunakan Dalam menuliskan HTML

1 . Notepad

 Notepad adalah text editor bawaan dari windows..  untuk membuka program notepad , Default nya notepad ada pada Acessories  , Didalam text editor notepad anda bisa mengetikkan code program apapun ,, tergantung extensi file nanti yang anda gunakan saat menyimpan file, Extensi itu sendiri adalah format pada tipe file . Untuk HTML , memliki extensi .html atau .html, saya lebih merekomendasikan untuk memilih extensi .html, dalam setiap format file html yang anda gunakan. Kelemahan terbesar program ini adalah dari segi fitur yang tidak ada sama sekali ditawarkan oleh program ini.

2. Macromedia Dreamweaver

 Macromedia Dreamweaver adalah program yang dibuat secara khusus oleh Macromedia sebagai Editor Yang paling complit dan memiliki fitur yang lengkap dalam pemrograman Website, Baik HTML, PHP, CSS, XML. Versi terakhir dari Dreamweaver pada saat tulisan ini dibuat adalah Adobe CS4, dimana Perusahaan Macromedia sudah dibeli oleh Adobe System,
Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor WYSIWYG visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode. Tata letak tampilan Design memfasilitasi desain cepat dan pembuatan kode seperti memungkinkan pengguna dengan cepat membuat tata letak dan manipulasi elemen HTML. Dreamweaver memiliki fitur browser yang terintegrasi untuk melihat halaman web yang dikembangkan di jendela pratinjau program sendiri agar konten memungkinkan untuk terbuka di web browser yang telah terinstall. Aplikasi ini menyediakan transfer dan sinkronisasi.
     
Program ini sangat lah tepat bagi anda yang sudah mencapai tingkat menengah dan mahir.

3. Notepad ++

Notepad ++  merupakan text editor yang ringan dan open source, gratis dan dapat di download dengan mudah di internet. Notepad ++ merupakan editor yang paling tepat dan cocok bagi anda yang masih baru dalam dunia pemrograman HTML dan website, Notepad ++ banyak mendukung code hint html.  Text editor ini sangatlah membantu dalam penulisan sintax HTML, dan dalam mendeteksi kesalahan yang ada dengan fitur-fitur warna dan code hint yang ditawarkan oleh program Notepad ++.


Jadi dapat di ambil kesimpulan dari beberapa penjelasan di atas. Bagi yang anda pemula sebaiknya anda menggunakan Text Editor Notepad ++, Namun bagi anda yang sudah memiliki tingkat pemrograman menengah dan mahir, gunakanlah program Dreamweaver.

donwload notepad ++

LihatTutupKomentar